Wednesday, February 15, 2006

Sumber Energi Kecepatan Cahaya

Bintang Neutron Tercepat Meninggalkan Galaksi
Jakarta, Minggu

Kirim Teman Print Artikel
ist
Bintang yang melesat dengan kecepatan tinggi meninggalkan galaksi
Berita Terkait:
Sebuah Bintang Terlempar Meninggalkan Galaksi
Bintang Magnetik Raksasa Lahir dari Supernova

Superman mungkin terbang lebih cepat daripada gerakan peluru. Tapi, ada yang jauh lebih cepat, misalnya gerakan salah satu bintang neutron di galaksi kita!
Bintang yang dimaksud itu bergerak sangat laju sehingga patut disebut sebagai salah satu benda langit yang bergerak paling cepat. Para astronom telah mengikuti gerakan pulsarnya sehingga dapat menentukan langsung kecepatannya.
B1508+55 adalah bintang neutron yang berputar dengan cepat - atau disebut pulsar - yang berjarak 7.700 tahun cahaya dari Bumi. Menggunakan Very Long Baseline Array Telescope, para ilmuwan berhasil menentukan kecepatan dan letaknya dengan cara mengukur pancaran radio yang dihasilkannya.
Kemudian, mereka menghitung jarak lintasannya di langit dan mengetahui bahwa bintang tersebut lahir dari ledakan supernova sekitar dua hingga setengah juta tahun lalu pada bintang raksasa di rasi bintang Cygnus.
"Kami tahu bahwa ledakan supernova dapat menghasilkan bintang neutron. Tapi karena kecepatannya yang begitu tinggi, bintang ini sulit untuk diketahui," kata Shami Chatterjee dari National Radio Astronomy (NRAO) dan Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.
Bergerak dengan kecepatan hingga 1.000 kilometer per detik, bintang tersebut sedang dalam perjalanan untuk meninggalkan galaksi kita. "Untuk memperkirakan kecepatan bintang neutron, pertama-tama dilakukan dengan memperkirakan jaraknya," kata Walter Brisken, seorang astronom NRAO. "Saat kami telah memperoleh jarak yang tepat, kami dapat mengukur kecepatannya secara langsung."
Hasil yang diperoleh akan membantu para astronom untuk mempelajari hal lainnya, misalnya proses yang mendorong B1508+55 sehingga memiliki kecepatan tinggi hingga penyebab supernova.
Sumber:
sciam.com
Penulis:
Wah

No comments: