Wednesday, February 15, 2006

Minyak Zaitun untuk Melawan Radang

Minyak Zaitun untuk Melawan Radang
London, Kamis

Kirim Teman Print Artikel
ist
Suatu senyawa yang ditemukan pada minyak zaitun ternyata bersifat anti radang

Para ilmuwan sepertinya baru saja menemukan apa yang sudah diketahui sejak lama oleh para pecinta makanan: Ada sesuatu yang istimewa dengan minyak zaitun murni yang segar!
Sebuah acara mencicipi makanan di Sisilia telah mengantar Gary Beauchamp, ahli biologi dari University of Pennsylvania, untuk menganalisaminyak zaitun murni. Ia kemudian menemukan suatu senyawa kimia yang bersifat seperti ibuprofen. Ia dan rekan-rekannya kemudian menamakan senyawa itu sebagai oleocanthal, dan menemukan bahwa - walau memiliki susunan kimia berbeda - bahan ini memiliki efek seperti senyawa anti peradangan yang sering dipakai dalam obat penghilang rasa sakit.
Penemuan ini dianggap signifikan karena peradangan bisa memicu akibat buruk pada penyakit-penyakit kronis seperti stroke, serangan jantung, serta kanker.
"Temuan ini meningkatkan kemungkinan bahwa pemakaian oleocanthal dalam jangka panjang bisa membantu memerangi beberapa jenis penyakit," begitu tulis para ilmuwan.
Ini juga menjelaskan alasan mengapa orang-orang sering mengatakan bahwa rahasia di balik kesehatan orang-orang Mediterania adalah karena mereka mengkonsumsi minyak zaitun.
Sumber:
reuters
Penulis:
Wsn

No comments: