Thursday, February 23, 2006

Pria Tetap Puas di Akhir Usia

Pria Tetap Puas di Akhir Usia


Jakarta, Selasa

Kirim Teman Print Artikel


ist.
Pria tetap menikmati kehidupan seksualnya meskipun fungsi tubuhnya semakin menurun.





Pria berusia lima puluhan tahun lebih menikmati kehidupan seksnya daripada pria berumur tiga puluhan tahun. Demikian hasil survei yang dilakukan tim dari AS dan Norwegia.

Dari 1.185 pria berumur 20 hingga 79 tahun yang disurvei, mereka menemukan adanya masalah impotensi dan kegagalan fungsi seksual yang dihadapi pria di usia senja. Namun, pria yang berumur 50-an tahun terlihat memiliki tingkat kepuasan yang sama dengan pria berusia 20-an tahun. Temuan ini dilaporkan dalam jurnal urologi BJU International.

Untuk membandingkan tingkat kepuasannya, para pria diminta merespon kuesioner. Mereka diminta menilai tingkat kepuasannya dalam berbagai aspek kehidupan seksual dari skala nol hingga empat, di mana empat sebagai nilai tertinggi atau sangat puas.

Pria berumur 20-an tahun rata-rata memiliki tingkat kepuasan 2,79. Tidak jauh berbeda, pria berusia 50-an tahun juga menyatakan tingkat kepuasan yang hampir sama yaitu 2,77. Sedangkan pria berumur 30-an tahun hanya mengaku puas dengan nilai 2,55 dan yang berumur 40-an tahun 2,72.

Setelah berusia 59 tahun, tingkat kepuasannya menurun drastis. Nilainya menjadi 2,46 untuk yang telah berusia 60-an tahun dan 2,14 untuk yang berusia 70-an tahun.

Meskipun demikian, ketika dinilai fungsi seksualnya, nilainya selalu menurun seiring bertambahnya umur. Hal tersebut menunjukkan bahwa fungsi alat tubuh semakin lemah dan semakin banyak masalah.

Rata-rata dorongan untuk melakukan hubungan seksual hanya 2,19 pada usia 40-an tahun. Nilainya berkisar antara 2,79 pada pria berusia 20-an tahun hingga 1,54 pada pria berusia 70-an tahun.

Kepuasan ereksi turun drastis pada usia 40-an dengan nilai rata-rata 2,83. Jauh lebih kecil daripada saat berusia 20-an tahun yang rata-rata senilai 3,63. Sedangkan pada usia 30-an tahun turun menjadi 3,03 dan 1,6 pada usia 70-an tahun.

Kepuasan ejakulasinya rata-rata 3,28 dan baru turun drastis pada usia 60 hingga 70-an tahun. Pria berusia 20-an tahun rata-rata puas dengan nilai 3,85, sedangkan yang berusia 70-an tahun hanya 2,32.

Profesor Sophie Fossa dari Yayasan Rikshospitalet-Radiumhospitalet di Oslo menyatakan, "Hasil ini menunjkkan korelasi yang kuat antara penuaan dengan turunnya fungsi seksual, namun bukan umur dengan kepuasan seksualnya."

Perubahan umur hanya mempengaruhi 22 persen penurunan dorongan seksual, 33 persen mempengaruhi ereksi, dan 23 persen masalah ejakulasi.

"Meskipun menghadapi banyak masalah dan fungsi seksual yang turun saat memasuki usia senja, hal tersebut tidak diikuti menurunnya tingkat kepuasannya dalam menikmati kehidupan seksualnya," imbuh Fossa. Umur hanya mempengaruhi 3 persen tingkat kepuasan secara keseluruhan.

Ronald Bracey, seorang psikolog yang meneliti seksualitas pria mengaku tidak heran dengan temuan ini. "Pria berusia 30-an hingga 40-an tahun seringkali stress. Misalnya, karena memikirkan karirnya," kata Bracey.

Seiring berjalannya waktu hingga memasuki usia 50-an tahun, mereka biasanya telah menyesuaikan dengan apa yang mereka capai. Mereka cenderung mengabaikan penilaian orang lain terhadap dirinya, tidak tergantung pada orang lain, dan tidak begitu berambisi pada kinerja.


Sumber: bbc.co.uk
Penulis: Wah

No comments: