Wednesday, January 18, 2006

Toshiba Kembangkan Lift Magnet Pertama

Toshiba Kembangkan Lift Magnet Pertama
Tokyo, Rabu

Kirim Teman Print Artikel
Tidak hanya kereta api yang dibuat melayang di udara. Perusahaan Jepang Toshiba akan mengembangkan lift yang memanfaatkan gaya tarik dan gaya tolak magnet.
Dengan bendera Toshiba Elevator and Building Systems Corp., perusahaan yang berpusat di Tokyo itu berupaya mewujdkannya di tahun 2008. Tanpa kabel, lift maglev (magnetik levitation) relatif tidak berisik. Sayang tidak dijelaskan bagaimana sistem keamanan jika terjadi kendala saat pengoperasiannya.
Meskipun demikain, lift yang dikembangkan sementara baru dapat bergerak dengan kecepatan 300 meter permenit. Tidak secepat lift konvensional yang dapat bergerak hingga 1.010 meter permenit.
Teknologi maglev telah digunakan untuk mengembangkan kereta api berkecepatan tinggi. Satu-satunya kereta api maglev yang sudah digunakan untuk mengangkut penumpang menghubungkan Bandara Pudong, China ke pusat kota Shanghai. Kereta api tersebut melaju dengan kecepatan 430 kilometer perjam.
Jalur berikutnya sedang diuji coba di Jepang dan mungkin akan menggantikan kereta api cepat Shinkansen yang dioperasikan sekarang. Sedangkan sarana transportasi serupa di Birmingham, Inggris dihentikan sejak 1995 setelah beroperasi selama 11 tahun karena berbagai kendala teknis.
Sumber:
CNN
Penulis:
Wah

No comments: