Wednesday, January 18, 2006

Kafein Tingkatkan Rangsangan Seksual Wanita?

Kafein Tingkatkan Rangsangan Seksual Wanita?


Jakarta, Rabu

Kirim Teman Print Artikel

Berita Terkait:


• Kopi Mengurangi Resiko Penyakit Hati
• Bukan Kopi Tapi Cola, Biang Hipertensi Pada Wanita




Kafein mungkin mendorong rangsangan seksual wanita. Tapi, jangan buru-buru menuang kopi sebanyak mungkin. Sebab, efeknya baru terlihat pada tikus-tikus betina dan mungkin tidak berlaku bagi semua orang.

Para ilmuwan memperkirakan hal tersebut setelah memberikan dosis kafein normal kepada 108 ekor tikus betina. Ternyata, tikus-tikus betina lebih cepat kembali ke ’pelukan’ tikus jantan setelah prosesi kawin yang pertama.

Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka lebih terdorong untuk melakukan hubungan seksual lagi. Sepertinya, kafein memperpendek jeda kawin antara tikus jantan dan betina.

Meskipun demikian, pemberian dosis kafein yang lebih tinggi belum tentu meningkatkan gairah seksual seorang wanita. "Tikus-tikus ini tidak pernah merasakan kafein sebelumnya," kata pimpinan penelitian Fay Guaracci, seorang asisten profesor psikologi di Southwestern University.

Pada manusia, lanjut Guaracci, kafein mungkin akan meningkatkan gairah seksual pada para wanita yang tidak terbiasa mengonsumsinya. Tapi, paling tidak temuan ini dapat membantu para peneliti untuk memahami dorongan seksual dengan lebih baik.

Mengetahui sistem yang mengendalikan perilaku ini akan membantu kita mengetahui cara kerja otak dan bagian otak yang mengatur motivasi. Sebab, perilaku seksual pada dasarnya juga dikendalikan oleh dorongan untuk melakukan sesuatu. Hasil peneltiian ini dimuat dalam jurnal Pharmacology, Biochemistry, and Behavior.


Sumber: LiveScience.com
Penulis: Wah

No comments: