Wednesday, January 18, 2006

Hiburan Digital, Gairah Baru Intel

Hiburan Digital, Gairah Baru Intel


Jakarta, Sabtu

Kirim Teman Print Artikel


ist
Intel. Lep Ahead, logo dan tagline Intel yang baru





Tidak hanya mengganti logo dan taglinenya, Intel juga menggebrak awal tahun 2006 dengan lini produk baru. Memasuki awal tahun ini, Intel memutuskan mengganti Logo Intel Inside yang telah dipakai sejak 1991 dan huruf e menggantung (dropped e) yang dibuat oleh Roberts Noyce dan Gordon Moore saat mendirikan Intel 37 tahun yang lalu. Sebagai gantinya adalah logo dengan tagline Intel. Leap Ahead.

"Intel. Leap Ahead adalah ungkapan sederhana yang mendeklarasikan siapa kami dan apa yang kami lakukan," kata Budi Wahyu Jati, Country manager Intel Indonesia Corporation. Sebab, lanjut Budi, misi kami di Intel selama ini adalah untuk mencari dan mendorong lompatan ke depan (leap ahead) berikutnya.

Hiburan digital

Seiring dengan peluncuran logo barunya, Intel juga mengumumkan platform teknologi terbaru Intel Viiv. Platform tersebut merupakan sebuah paket solusi yang terdiri atas sebuah prosesor dual core, chip set, dan chip jaringan. Intel tidak hanya menekankan pada kecepatan prosesor yang tinggi, namun menggandeng berbagai pihak untuk menampilkan platform-nya sebagai solusi bagi hiburan digital yang lebih baik.

Bekerja sama dengan perusahaan yang tergabung dalam The DirectTV Group, Intel membangun set top box yang ditanam platform Viiv. Set top box atau CPU khusus yang dibangun bersama DirectTV dapat menerima sinyal satelit yang dipancarkan DirectTV secara langsung. Dengan perangkat tersebut, penggunanya dapat langsung menikmati siaran olahraga, film, dan berita.

Sebuah CPU bisa saja dibangun sendiri, namun penggunanya harus menghubungkan CPU rakitannya dengan jaringan internet sendiri. Pada dasarnya platform yang diusung Intel adalah menghadirkan hiburan digital berbasis komputer di ruang keluarga. Rumah digital adalah segmen pasar yang akan dibidik Intel selain pengguna mobile, enterprise, dan bidang kesehatan.

Selain bekerja sama dengan DirectTV, Intel juga menggandeng AOL, NBC, dan Yahoo. Setiap pembeli set top box Viiv dapat menikmati acara-acara stasiun televisi tersebut lebih leluasa dan berbagai fitur tambahan. NBC, misalnya, berencana menyajikan video klip pembukaan Olimpiade di Turino, Italia dalam bentuk digital berdefinisi tinggi (HD) yang hanya dapat diambil melalui set top box tersebut. Sedangkan AOL dan Yahoo akan menyediakan ribuan video musik, acara televisi, dan olahraga.

Kehadiran Viiv telah mendorong berbagai produsen komputer multimedia untuk beradaptasi. Sony, misalnya, menyatakan akan menanam Viiv pada PC Media buatannya VGN XL-100. Produk serupa yang telah masuk ke Indonesia saat ini adalah Deskpower TX buatan Fujitsu yang masih menggunakan Intel Pentium 4 3 Ghz. Dengan diluncurkannya Viiv, PC multimedia yang memang ditujukan untuk pasar keluarga mungkin akan semakin diminati.


Sumber: PCWorld/*
Penulis: Wah

No comments: