Wednesday, January 18, 2006

Lubang Bor Terkecil Hanya 22 Mikron

Lubang Bor Terkecil Hanya 22 Mikron


Jakarta, Jumat

Kirim Teman Print Artikel




Menggunakan teknik khusus, para peneliti membuat lubang buatan yang mungkin terkecil di dunia. Lubang berukuran lebih kecil dari diameter rambut manusia itu dibuat pada stainless steel dan material lainnya.

"Lubang yang kami buat di Cardiff menggunakan proses electro-discharge machining (EDM)," kata direktur pemasaran Frank Marsh dari Manufacturing Engineering Center di Universitas Cardiff, Inggris.

Berdiameter 22 mikron atau 0,022 milimeter, lubang ini lebih kecil daripada diameter rambut manusia yang berkisar antara 50 hingga 80 mikron. Sebagai pembanding, teknologi laser terbaik baru dapat membuat lubang dengan diameter 150 mikron.

"Meskipun laser mampu membuat lubang yang berukuran kecil, kualitasnya lebih buruk daripada lubang yang dibuat dengan proses EDM," kata Marsh. "Laser membuat lubang yang lebih panjang sedangkan EDM cocok untuk membuat lubang vertikal atau paralel.

EDM menggunakan elektroda selebar 6 mikron untuk membuat lubang tersebut. Untuk membuat elektroda sekecil itu juga bukan perkara gampang, sebab membutuhkan sejenis mesin gerinda yang berukuran sangat kecil.

Tim peneliti Jepang mengklaim telah membuat elektroda selebar 5 mikron sejak 1985. Namun, sampai sekarang belum pernah ada yang melaporkan keberhasilan membuat lubang berukuran sangat kecil. "Belum ada kabar lagi dari penelitian tersebut," kata Marsh.

Rekayasa dalam berbagai bidang nanoteknologi membutuhkan perangkat seperti ini untuk membuat komputer, mesin industri, bahkan peralatan medis yang semakin kecil. Mungkin suatu saat teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung produksi peralatan elektronika berukuran superkecil yang dapat disisipkan ke dalam tubuh manusia untuk mengirimkan obat atau memantau kesehatan.


Sumber: LiveScience.com
Penulis: Wah

No comments: