Monday, July 17, 2006

Tepung Jagung Membuat Cokelat Tahan Panas





istimewa
Adonan cokelat yang dicampur 10 persen tepung jagung tidak meleleh hingga 50 derajat Celcius dan tidak merusak rasa maupun bentuknya.



Tepung Jagung Membuat Cokelat Tahan Panas



JAKARTA, MINGGU - Konsumsi cokelat di negara-negara tropis, terutama Afrika, tidak sebanyak negara empat musim di Eropa maupun AS meskipun pohon kakao banyak ditanam di sana. Alasan utamanya daerah tropis relatif panas sementara cokelat olahan dalam bentuk batangan mudah meleleh.

Suhu udara yang tinggi di Nigeria, misalnya, menyebabkan cokelat tidak tahan di udara bebas karena mudah lumer, lengket, dan tidak padat. Masalah ini telah mendapat perhatian selama bertahun-tahun dan beberapa kali dicarikan cara untuk mengatasinya.

Satu-satunya cara mencegah agar cokelat tidak meleleh adalah dengan mendinginkan di lemari es. Tapi, kelak hal tersebut tidak menjadi masalah lagi karena para ilmuwan sedang mengembangkan cokelat yang tahan lumer.

Cokelat olahan yang dibuat pabrik berskala besar umumnya lumer mulai suhu 25 hingga 33 derajat Celcius. Namun dengan ramuan baru yang dikembangkan para ahli cokelat di Nigeria, kemampuannya bertahan hingga 50 derajat Celcius.

S.O. Ogunwolu dan C.O. Jayeola dari Institut Riset Kakao mencampurkan tepung jagung pada kakao untuk membuat cokelat yang tahan panas. Campuran ini tidak mengubah tampilan fisik cokelat olahan, baik warna, rasa, maupun kelembutannya.

Tepung jagung dalam campuran ini bekerja mengentalkan dan mencegah melumernya lemak alami yang terkandung dalam biji kakao saat suhu naik. Kedua peneliti menemukan bahwa 10 persen tepung sebagai campuran dapat dipakai untuk menghasilkan cokelat olahan yang tidak mengganggu sifat fisik cokelat olahan. Hasil percobaan ini dijelaskan dalam British Food Journal.



Sumber: LiveScience.com
Penulis: Wah

No comments: