Sunday, July 16, 2006

Sutera Bisa Memperbaiki Syaraf Rusak





J.Priestley
sel-sel syaraf (merah) dan sel sel Schwann dengan inti sel berwarna biru tumbuh di sekitar benang sutera (ungu).



Sutera Bisa Memperbaiki Syaraf Rusak



LONDON, KAMIS - Benang sutera mungkin dapat digunakan untuk memperbaiki jaringan syaraf yang rusak. Peneliti Inggris telah membuktikan bahwa sel-sel syaraf dapat tumbuh di sepanjang serat khusus yang memiliki sifat seperti sutera yang diproduksi laba-laba.

Benang buatan yang dinamai Spidex dibuat dari sejenis sutera berulir yang telah dimodifikasi agar membantu sel-sel syaraf untuk saling berikatan. Profesor John Prietsley, seorang ahli otak dari Sekolah Kedokteran dan Kedokteran Gigi Queen Mary, London mengatakan benang tersebut memiliki sifat seperti anyaman tempat tumbuhnya sel-sel syaraf.

Tim peneliti telah menguji kinerja jaringan sutera di dalam kultur jaringan maupun pada tubuh hewan. Pada kedua percobaan, hasilnya memuaskan. Jaringan yang terbentuk di sekitar benang sutera memperlihatkan warna merah yang merupakan bagian pemroses syaraf dan jaringan berwarna biru disebut sel-sel Schwann yang penting dalam proses regenerasi jaringan.

"Dan percobaan pada tubuh hewan, kami berhasil melakukannya pada jaringan syaraf tulang belakang dan syaraf-syaraf penghubung," kata Priestly. Ia mengatakan sutera dapat dirangkai menjadi semacam tabung kompleks yang didesain sebagai tempat tumbuhnya jaringan syaraf.

Terobosan ini mengantarkan para penelitinya meraih Wellcome Trust Biomedical Image Awards tahun ini. Keberhasilan ini merupakan salah satu dari 26 inovasi biomedika terbaik di Inggris yang dapat diamati prosesnya secara langsung.

Para peneliti berharap sutera dapat digunakan untuk mengobati penderita kerusakan syaraf penghubung yang mengatur otot dan memberikan sensasi dari indera. Terobosan ambisius yang ingin dicapai berikutnya adalah mengembangkan sutera sebagai wahana pertumbuhan sel syaraf tulang belakang yang jauh lebih kompleks.



Sumber: BBC
Penulis: Wah

No comments: