Thursday, December 22, 2005

Tas Wanita Pemberi Tenaga Peranti Elektronik

Tas Wanita Pemberi Tenaga Peranti Elektronik
Ames, Iowa, Kamis

Kirim Teman Print Artikel
ist
Tas tenaga Matahari ciptaan Hynek
Berita Terkait:
Tas Bercahaya dengan Tenaga Surya

Joe Hynek mungkin akan dicemooh bila berkutat dengan tas wanita, namun ia melakukannya atas nama ilmu pengetahuan: Ia telah merancang tas tangan tenaga Matahari yang dapat dipakai untuk memberi tenaga pada peranti-peranti elektronik kecil seperti ponsel.
Hynek, 27, seorang mahasiswa doktoral teknik mesin di Iowa State University, merancang Solarjo Power Purse dalam kompetisi tas tangan di kelas perancangan garmen eksperimental. Tas kotak berwarna hitam yang dirancangnya itu dilapisi panel-panel surya menyerupai film tipis yang dipisahkan garis-garis putih. Sedangkan pegangannya terbuat dari plastik tembus pandang.
Tas cantik ini dirancang untuk mengumpulkan tenaga Matahari lalu menyalurkannya ke berbagai peranti kecil yang memiliki port USB, termasuk ponsel, PDA (personal digital assistant), iPod, kamera kecil, alat perekam, dan lainnya.
Mark Bryden, profesor teknik mesin di Iowa State, memperkirakan gagasan ini akan merambah ke barang-barang lain. Sudah ada pula tas punggung yang mampu mengubah energi Matahari menjadi tenaga baterai.
Hynek sendiri ingin memasarkan tas rancangannya bagi konsumen yang peduli lingkungan. Walau bahan-bahannya berharga mahal, tapi Hynek berharap bisa menjual tasnya dengan harga di bawah 300 dollar AS. "Saya tidak ingin menjadikannya barang elit," katanya.
Sumber:
AP
Penulis:
Wsn
function WindowOpen1(url)
{
myWin1=open(url,"displayWindow","width=400,height=400,toolbar=no,menubar=no");
return false;
}

No comments: