Tuesday, December 20, 2005

Cokelat Baik untuk Kesehatan Jantung

Cokelat Baik untuk Kesehatan Jantung
Jakarta, Selasa

Kirim Teman Print Artikel
ist
Sedikit cokelat setiap hari akan membantu menghindarkan resiko pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah
Berita Terkait:
Secangkir Coklat Mencegah Stroke dan Serangan Jantung
Cokelat Bisa Menjadi Obat Batuk!
Cokelat Menghasilkan Bayi yang Riang?

Sepotong kecil cokelat setiap hari bisa membantu Anda mengurangi resiko terkena serangan jantung, karena cokelat menghindarkan pengerasan pembuluh darah arteri, demikian diungkapkan dalam suatu study yang dipublikasikan Selasa (20/12).
Dalam risetnya, para peneliti dari University Hospital di Zurich menyelidiki 20 pria perokok - yang memiliki resiko terbesar mengalami pengerasan arteri - untuk melihat efek konsumsi cokelat gelap dan cokelat putih pada aliran darah arteri. Kelompok itu diminta tidak mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan selama 24 jam, dan diberi masing-masing 40 gram cokelat untuk dimakan sebagai gantinya.
Setelah dua jam, pemindai ultrasound dipasang untuk mengetahui aliran darah mereka. Hasilnya, cokelat gelap - yang 74 persen terbuat dari butiran cocoa - meningkatkan kelancaran aliran darah secara signifikan, sementara cokelat putih, dengan 4 persen cocoa, tidak menimbulkan efek apapun.
Meski hasil ini memberi gambaran besar, namun penelitian lebih detail masih perlu dilakukan guna mencari manfaat-manfaat lain dari antioksidan di cokelat gelap.
"Makan sedikit cokelat gelap setiap hari bisa meningkatkan asupan antioksidan dalam tubuh kita dan memberi manfaat besar pada kesehatan aliran darah dan jantung," kata mereka.
Sumber:
reuters
Penulis:
Wsn

No comments: