Monday, April 03, 2006

Video Game Membantu Memerangi Kanker

Video Game Membantu Memerangi Kanker
Los Angeles, Senin

Kirim Teman Print Artikel
Saif Azar, seorang penggemar permainan video game berusia 14 tahun, mengaku permainan video baru berjudul "Re-Mission" telah membantunya memerangi kanker dengan cara memberinya pengetahuan dan "strategi tempur."
"Permainan ini membantu saya mengetahui hal-hal yang terjadi di tubuh saya," kata Azar, pengidap kanker lymphoma Hodgkin yang mulai memainkan video game sebagai bagian dari penelitian klinis guna membantu pasien menyembuhkan dirinya dari kanker. Roxxi, karakter utama dalam permainan "Re-Mission" adalah nanobot atau robot berukuran nano yang pemberani dan dilengkapi berbagai jenis senjata untuk mencari dan memusnahkan sel-sel kanker dalam tubuh.
HopeLab, pencipta permainan tersebut, mengatakan hasil study ilmiah yang melibatkan 375 remaja di 34 pusat kesehatan AS, Kanada, dan Australia, menunjukkan bahwa orang-orang yang memainkan "Re-Mission" cenderung lebih memperhatikan dan patuh pada pengobatan mereka dibanding yang tidak.
HopeLab yang bermarkas di Palo Alto, California, adalah organisasi nirlaba yang membantu orang-orang menghadapi penyakit kronis. Organisasi ini didirikan tahun 2001 oleh Pamela Omidyar, istri pendiri eBay Inc., Pierre Omidyar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa game itu membantu dan mendorong pemain menghadapi tantangan yang ditimbulkan penyakit mereka, dan membuat mereka lebih mau berobat, sehingga lebih cepat sembuh, kata Presiden HopeLab, Pat Christen.
Game PC itu telah tersedia luas, dan diberikan secara gratis bagi remaja yang didiagnosa menderita kanker.
Sumber:
reuters
Penulis:
Wsn

No comments: