Tuesday, January 23, 2007

Chip Implan Atasi Kebutaan

Chip Implan Atasi Kebutaan



Sebuah mikrochip berukuran kecil bisa menjadi ’jimat’ yang dapat mengatasi kebutaan. Keberhasilan penggunaannya pada kucing-kucing Persia membawa harapan baru untuk dipakai manusia. Sejak Juli tahun lalu, seorang dokter hewan di Univeritas Missouri-Columbia, Kristina Narfstrom, memasangnya di mata 11 kucing Persia yang mengalami gangguan penglihatan. Pengujian terakhir menunjukkan bahwa sistem penglihatan kucing-kucing tersebut menjadi normal dan kesehatannya tidak terganggu.

Sebagian kecil kucing Persia memang mengalami gangguan penglihatan turunan di mana sel-sel yang mendeteksi cahaya di retina mata tidak berkembang sempurna. Selain kucing Persia, kucing Abisinia juga mengalami gangguan retina seperti yang dialami sekitar 1,5 juta manusia di seluruh dunia.

Sampai sekarang implan buatan yang dipasang diretina merupakan alat yang dapat membantu mengembalikan sistem penglihatan. Meski beberapa implan retina telah banyak dikembangkan, chip yang baru dibuat memiliki keunggulan. Salah satunya, tidak membutuhkan rangkaian kabel yang rumit sehingga mudah dipasang dan relatif tidak mengganggu pasien.

Chip berfungsi sebagai pengganti tungkai dan kerucut retina mata. Ia tersusun dari ribuan fotodioda mikro yang bereaksi terhadap cahaya dan menghasilkan sinyal-sinyal listrik. Bagian ini akan menangkap cahaya masuk dan menerjemahkannya menjadi sinyal-sinyal listrik ke syaraf optik dan otak untuk mengenali bentuk benda yang dilihatnya.

Langkah selanjutnya, chip implan akan coba dipasang pada kucing Abisinia. Meski berhasil pada kucing Persia, implan elektronik ini masih gagal pada manusia. Mikrochip sudah dipasang pada 30 orang namun tidak memberikan hasil positif. Tapi, karena struktur mata kucing dan manusia relatif mirip, Narfstrom berharap teknologi ini kelak juga memberi harapan bagi para tuna netra.


Sumber: LiveScience.com
Penulis: Wah

No comments: