Thursday, September 21, 2006

sejarah seorang beragama Islam memimpin Angkatan Darat Thailand

Jenderal Sonthi Boonyaratglin, Pemimpin Kudeta Thailand


BANGKOK, RABU--Tokoh di balik kudeta militer Thailand adalah Panglima Angkatan Darat Jenderal Sonthi Boonyaratglin. Sonthi mendapat kepercayaan dari Perdana Menteri (PM) Thaksin Shinawatra dan Raja Bhumibol Adulyadej sejak setahun lalu.

Pengangkatan Sonthi merupakan sejarah bagi Thailand. Sebab, untuk pertama kalinya dalam sejarah seorang beragama Islam memimpin Angkatan Darat Thailand. Penunjukan Sonthi disebut-sebut terkait dengan upaya menghilangkan kesan diskriminatif dan meredam situasi panas di Thailand Selatan akibat pembunuhan warga Muslim.

Sonthi (60) adalah lulusan Akademi Militer Chulachomklao tahun 1969 dan beberapa kali mengikuti pelatihan militer di Amerika Serikat (AS). Dia pernah memimpin Korps Infanteri Angkatan Darat dan Pasukan Khusus Thailand.

Sebagai pucuk pimpinan Angkatan Darat, Sonthi disebut-sebut memiliki hubungan yang dekat dengan Raja Bhumibol. Kudeta militer yang dilakukannya hari Selasa malam itu bukan tanpa sepengetahuan Raja Bhumibol. Sonthi datang ke Istana untuk menjelaskan langkah yang diambil militer Thailand.



Sumber: AFP
Penulis: Nik

No comments: