Monday, September 18, 2006

Austria Perkenalkan Energi Alternatif: BIOFUEL

Austria Perkenalkan Energi Alternatif


Laporan Wartawan Kompas Orin Basuki


WINA, KOMPAS--Pemerintah serta Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Austria mengundang tiga orang wartawan dari Indonesia untuk mengikuti Media Trip yang difokuskan pada pelaporan tentang pengembangan energi alternatif di negara tersebut. Kondisi tersebut didorong kebijakan pemerintah Indonesia yang mulai melirik pengembangan energi alternatif setelah mengalami kenaikan harga bahan bakar minyak sebanyak dua kali di tahun 2005.

Kunjungan ketiga wartawan tersebut diharapkan dapat memperkenalkan industri energi alternatif di Austria kepada Indonesia. Ketiga wartawan tersebut adalah wartawan Tempo Purwanto, Jakarta Post Urip Hudiono, serta wartawan Kompas Orin Basuki.

Kunjungan media tersebut dimulai sejak 18 September 2006 dan akan berakhir pada 24 September 2006, yang akan meliputi dua kota utama di Austria, yakni Wina dan Graz. Ketiga wartawan tersebut telah tiba di Wina, Senin (18/9).

Konselor Perdagangan Kedutaan Besar Austria untuk Indonesia Raymund Gradt mengatakan, beberapa langkah yang sudah dilakukan pemerintah Indonesia untuk membangun energi alternatif sudah membaik. Antara lain dengan mencoba mengembangkan tanaman jarak pagar sebagai salah satu sumber energi alternatif yang terbarukan.

“Sebab bagaimana pun juga, kita sudah tidak bisa menggantungkan diri lagi pada bahan bakar fosil yang jumlahnya semakin sedikit namun penggunanya semakin banyak, sehingga harganya semakin tinggi,” katanya.

Menurut Gradt, Austria patut dijadikan contoh dalam pengembangan energi alternatif karena menjadi negara yang efisien dalam penggunaan energi.

“Salah satu contohnya adalah penggunaan minyak makan, yang hanya digunakan dua kali oleh ibu rumah tangga, setelah itu dibuang. Di Austria ada sebuah perusahaan yang mengumpulkan minyak makan tersebut, kemudian mengolahnya menjadi minyak lain yang dapat digunakan untuk menghidupkan kendaraan bermotor,” kata Gradt.

No comments: